Telepon dan Perkembangannya Kls VII/

0 comments

Pengertian Telepon
Telepon merupakan alat komunikasi yang dapat menerima dan mengirim data melalui media transmisi.Telepon mempunyai 3 bagian penting yaitu microphone yang berfungsi mengubah suara menjadi sinyal listrik.Loudspeaker berfungsi mengubah sinyal listrik menjadi suara.Keypad berfungsi untuk mengetik nomor telepon tujuan.

Telepon Selular

Dengan kemajuan teknologi kita dapat melakukan komunikasi kapan saja,dimanapun,dan dengan siapapun dengan menggunakan telepon selular atau lebih dikenal dengan HP ( handphone ).Komunikasi dapat terjadi dengan menggunakan media udara ( air interface ) dari ponsel ke BTS ( Base Transceiver Station ). Dari BTS diteruskan ke BSC ( Base Station Controller )sebagai induk BTS.Kemudian BSC meneruskan ke SSS ( SwitchingSub System ) untuk menentukan tujuan telepon.

Videophone
Videophone adalah pasilitas handphone yang memungkinkan pengguna untuk saling bertatap muka dan berbicara secara online meskipun terpisah jarak yang jauh.Biasanya HP ini memiliki kamera yang terletak didekat monitor.Untuk mendukung hal ini HP yang digunakan harus sama-sama mendukung,dan biasanya HP yang seperti ini disebut HP 3G.

Tahukah anda siapa penemu telepon ?
Orang yang pertama kali berhasil menciptakan telepon adalah Alexander Graham Bell pada tahun 1876.Graham bersama Waston melakukan uji coba percakapan pertamanya.Dan pada tanggal 7 maret 1976, Graham menerima hak paten atas system dan alat telepon ciptaannya itu.

Share this article :

Post a Comment

 
~: ~ ~ ~
Copyright © 2011. SMPN 2 Batukliang - All Rights Reserved
~ ~~~
Proudly powered by Blogger