Peranan Dan Dampak Teknologi Informasi Dan Komunikasi KLS VII/I

0 comments

Teknologi Informasi dan Komunikasi ( TIK ) merupakan teknologi yang digunakan untuk mengolah dan menyampaikan informasi. TIK telah menjadi pasilitator dalam kegiatan-kegiatan pendidikan, perdagangan, pemerintahan,hiburan dan lain sebagainya.
TIK juga sangat berperan dalam penyebaran berita-berita dari seluruh penjuru dunia.Dan secara garis besar,peran TIK adalah pengolahan informasi yang lebih akurat,lebih mudah dan lebih aman.

Beberapa peranan TIK dalam segala aspek kehidupan antara lain :

  • Meningkatkan layanan informasi kesehatan jarak jauh
  • Mengembangkan perdagangan melalui e-comerce
  • Melestarikan kebudayaan
  • Mengembangkan kemampuan
  • Menunjang pertanian
  • Meningkatkan kualitas pelayanan pemerintah kepada masyarakat
Dampak Negatif TIK
Perkembangan teknologi terjadi demikian pesatnya dan bisa dinikmati oleh hampir semua masyarakat secara merata.Tidak jarang kita temukan disekitar kita orang yang memiliki computer,laptop,dan berbagai peralatan canggih lainnya.Kesemuanya itu adalah untuk mempermudah pekerjaan manusia.
Namun satu hal yang harus kita ingat bahwa semakin tinggi intelektual seseorang,semakin tinggi pulakejahatan yang akan terjadi.Bagi sebagian orang internet justru banyak disalah gunakan,bukannya digunakan sebagai saran ainformasi melainkan hanya untuk hiburan belaka.Dan tidak sedikit juga yang justru menyalah gunakannya sebagai sarana untuk mendapatkan keuntungan yang menyebabkan kerugian bagi orang lain yang terkenal dengan istilah cyber crime.
Secara ringkas ciber crime didifinisikan sebagai perbuatan melawan hokum yang dilakukan dengan menggunakan teknologi canggih.Dalam perkembangannya sendiri menimbulkan istilah-istilah bagi para pelakunya yaitu hacker,cracker,dan carder.
  • Hacker adalah orang yang melakukan penjelajahan dan menyelusup ke situs orang lain tetapi tidak melakukan tindakan pengerusakan apapun,tidak melakukan pencurian atau mencuri informasi.
  • Cracker adalah hacker yang mencuri informasi,melakukan berbagai macam kerusakan dan sesekali juga melumpuhkan keseluruhan system computer.
  • Carder adalah seorang cracker yang menggunakan data kartu kredit orang lainuntuk belanja lewat internet.

Share this article :

Post a Comment

 
~: ~ ~ ~
Copyright © 2011. SMPN 2 Batukliang - All Rights Reserved
~ ~~~
Proudly powered by Blogger