Operasi dasar Komputer Dan Tipe-Tipe Computer

0 comments

Secara Umum operasi-operasi dasar yang dilakukan computer adalah sebagai berikut

  • Operasi Masukan yaiutu operasi yang menyangkut pemasukan perintah atau data ke computer untuk di proses
  • Operasi Arimatika yaitu operasi penghitungan yang meliputi penjumlahan,pengurangan,perkalian,dan pembagian.
  • Operasi Logika yaitu operasi yang digunakan untuk membandingkan data dan menentukan suatu nilai lebih besar,lebih kecil,atau sama dengan nilai yang lain.
  • Operasi Penyimpanan yaitu operasi yang menyangkut proses penyimpanan data pada media penyimpnanan sehingga data dapat digunakan kembali pada waktu tertentu.
  • Operasi Keluaran yaitu operasi yang menghasilkan atau menampilkan informasi yang telah di roses.


Tipe-Tipe Komputer

Komputer sering kita lihat sehari-hari di sekolah,warnet,dan dirumah-rumah yang dimiliki secara pribadi.Computer umah lebih dikenal dengan nama ( Personal Computer ). Namun sebenarnya masih banyak tipe-tipe computer yang dirancang dengan berbagai bentuk dan ukuran sesuai dengan kegunaannya.

a) Dedicated Computer


Dedicated computer dirancang untuk menjalankan program tertentu yang banyak kita jumpai disekitar kita dan umumnya digunakan untuk permainan ( game )


b) Laptop



Laptop sering juga disebut notebook merupakan computer yang didisain untuk digunakan oleh orang yang sering bepergiaan dalam melakukan pekerjaannya. Sehingga daya ( power supply ) yang digunakan laptop adalah batri 


c) Mainframe



Komputer mainframe ini jauh lebih besar dibandingkan dengan PC.Satu Mainframe dapat digunakan oleh beberapa orang dengan perintah yang bermacam-macam.


d) Supercomputer



Supercomputer dibuat untuk menangani perintah-perintah yang sangat kompleks seperti digunakan untuk system perkiraan cuaca dan dibidang astronomi lainnya.


Share this article :

Post a Comment

 
~: ~ ~ ~
Copyright © 2011. SMPN 2 Batukliang - All Rights Reserved
~ ~~~
Proudly powered by Blogger