Membentuk Kemandirian Peserta Didik Menghadapi Ujian Nasional 2012 Melalui Ujian Akhir Semester (UAS)

0 comments

Penilaian hasil belajar merupakan suatu kegiatan pendidikan yang terkait dengan pengambilan keputusan tentang pencapaian kompetensi atau hasil belajar peserta didik yang mengikuti proses pembelajaran. Untuk itu, diperlukan data sebagai informasi yang tepercaya yang menjadi dasar pengambilan keputusan. Keputusan tersebut berhubungan dengan keberhasilan peserta didik dalam mencapai suatu kompetensi. Jadi, penilaian hasil belajar merupakan salah satu pilar dalam pelaksanaan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP).

Penilaian hasil belajar peserta didik pada jenjang pendidikan dasar dan menengah didasarkan pada prinsip-prinsip sebagai berikut: Sahih,Objektif, Adil, Terpadu,Terbuka, Menyeluruh dan berkesinambungan, Sistematis, dan Akuntabel.
Permendiknas Nomor 20 Tahun 2007 Tentang Standar Penilaian Pendidikan, dan sesuai dengan program kerja SMPN 2 Batukliang tahun pembelajaran 2011-2012 adalah salah satunya pelaksanaan penilaian yang dilaksanakan setelah peserta didik melaksanakan pembelajaran pada semester ganjil yaitu Ulangan Akhir Semester (UAS). Ulangan akhir semester adalah kegiatan yang dilakukan oleh pendidik untuk mengukur pencapaian kompetensi peserta didik di akhir semester ganjil. Cakupan ulangan meliputi seluruh indikator yang merepresentasikan semua KD pada semester tersebut.


Berdasarkan prinsip penilaian dan program penilaian sekolah maka SMPN 2 Batukliang melaksanakan kegiatan Ulangan dengan program sebagai berikut :
  1. Sosialisasi pelaksanaan kegiatan UAS
  2. Rapat Persiapan pelaksanaan
  3. Penyusunan Kisi-kisi dan Soal Bersama
  4. Pelaksanaan UAS
  5. Pemeriksaan Hasil UAS bersama
  6. Penyusunan laporan Hasil Belajar

Pelaksanaan UAS
UAS dilaksanakan dari tanggal 12 Desember sampai dengan 17 Desember 2011

Tehnis Pelaksanaan

Untuk menjamin hasil UAS yang objektif dan untuk meningkatkan kemandirian siswa, maka kegiatan UAS dilaksanakan dengan menggunakan dobel ship, Kelas VII dan kelas VIII pada ship I dari pukul 07.00 s.d 10.00 dengan tempat duduk disilang sehingga satu ruang diisi oleh 20 peserta kelas VII dan 20 peserta kelas VIII. Sedangkan untuk Kelas IX pada ship II dari pukul 10.30 s.d 14.00 dengan pengaturan seperti Ujian nasional, satu ruang diisi oleh 20 siswa dan lembar jawaban menggunakan LJK..


Dengan tehnis pelaksanaan tersebut diharapkan siswa lebih maksimal untuk mempersiapkan diri untuk lebih mandiri dan diharapkan khusus untuk kelas IX sebagai pembelajaran awal untuk persiapan menghadapi Ujian Nasional Tahun 2012.

Kelas IX yang menggunakan sistem Ujian Nasional (UN)


Kelas VII dan VIII yang menggunakan sistem silang 


.
Share this article :

Post a Comment

 
~: ~ ~ ~
Copyright © 2011. SMPN 2 Batukliang - All Rights Reserved
~ ~~~
Proudly powered by Blogger