Operasi Dasar Komputer KLS VII/I

0 comments

Sistem Operasi Komputer bermacam-macam,diantaranya adalah DOS, Linux, Macintosh OS, dan Windows. Pada awal merebaknya penggunaan computer ( PC-Personal Computer )yang terkenal luas dan umum dipakai adalah DOS ( Disc Operating Sistem ) terutama yang dikeluarkan oleh perusahaan IBM dan Microsoft.
Dalam perkembangannya computer semakin canggih dan semakin banyak program ( siftware ) yang bermunculan untuk mengerjakan pekerjaan yang semakin beragam.Kemampuan DOS semakin terbatas dan dianggap sulit oleh sebagian orang,sehingga muncullah system operasi MS-Windows ( Microsoft Windows ) yang dikeluarkan oleh perusahaan Windows.

 Memulai Windows
Untuk memulai Windows,kita harus menghidupkan computer,dan tunggulah beberapa saat hingga muncul tampilan desktop.Pada desktop memuat antara lain yaitu background,folder,icon,star menu,taskbar,systray, dan shortcut.


Folder


Folder adalah gambar-gambar yang merupakan map penyimpanan berkas file.Misalnya : My My Documents, My Pictures,My Music,dan lain-lain.
Langkah membuat folder :
  • Klik kanan pada desktop ditempat yang kosong
  • Pilih New
  • Klik Folder
  • Pada desktop akan muncul sebuah folder baru dengan nama New Folder.Lalu buatlah nama folder sesuai yang kita inginkan,kemudian klik diluar folder tersebut.
ICON

Pada tampilan desktop terlihat gambar-gambar kecil atau simbol yang disebut icon yang merupakan symbol sebuah aplikasi atau program.Fungsinya adalah sebagai shortcut  yaitu cara cepat untuk membuka sebuah programtanpa harus membuka melalui menu / start. Nama icon dapat diubah-ubah sesuai dengan yang kita inginkan,caranya adalah sebagai berikut :
  • Klik kanan sebuah folder,misalnya My Music
  • Pilih Renama
  • Ketiklah nama yang kamu inginkan.





Share this article :

Post a Comment

 
~: ~ ~ ~
Copyright © 2011. SMPN 2 Batukliang - All Rights Reserved
~ ~~~
Proudly powered by Blogger